Jumat, 31 Agustus 2007

filosofi

Jika filosofi hidupmu adalah putaran sebuah roda, yang kadang diatas kadang dibawah, maka tak ada salahnya jika anda berhenti sejenak sekedar menambah angin roda anda, atau mendinginkan roda yang panas karena terus berputar diatas jalan.
Jika filosofi hidup anda adalah sebuah tanjakan gunung, maka tak ada salahnya sejenak kau berhenti sekedar mengatur ulang strategi pendakian atau meneguk seteguk dua teguk air.
Jika filosofi hidup anda adalah aliran air, maka tak ada salahnya jika anda mencari tempat yang datar (rata) sehingga anda tidak bergerak dan terlihat lebih tenang.
Hidup tak selalu harus melaju, hidup tak selalu harus dikejar tanpa berhenti. Tak salah jika kau berhenti sejenak untuk memberi ruang pada hati dan pikiran anda untuk memikirkan kembali makna dan tujuan hidup anda.
Dalam khutbah jumat terdapat dua kali khutbah, apa hikmahnya? Apakah memberi waktu khotib untuk istirahat? Atau hanya sekedar untuk berdo’a atau mengucap shalawat?
Mungkin ia, tapi apa se-simple itu? Islam memberi kesempatan kepada pikiran untuk mengendapkan apa yang telah disampaikan oleh khotib dalam khutbahnya. Artinya dalam hidup pun kita harus memberi ruang pada pikiran untuk ‘mengungkapkan isi hatinya’.
Maka tak salah jika kita sejenak berfikir, apakah jalan yang telah kita tempuh telah sesuai dengan rencana awal kita, apakah jalan yang telah kita lalui sesuai dengan rute perjalanan kita?
Ingat!!! Tak ada sesuatu yang abadi di dunia ini. Sejauh apapun kita melangkah, sejauh apapun kita berjalan toh kita pasti berhenti.
Jalani hidup ini sesuai caramu, jangan pernah dengarkan bisikan-bisikan yang mungkin akan merantai jalanmu, abaikan setiap apa yang meragukanmu karena itu hanya akan menjadi kotak korek api bagimu.
Terakhir, tak ada manusia sempurna di dunia ini. So, tak perlu kau latah, tak perlu kau meniru apa yang dimilikinya. Just be your self. Hanya dirimu yang mampu hadapi semua... yakin kau bisa...
Maaf klo ada salah kata..sekedar ungkapan hati yang lama terpendam aja..

Tidak ada komentar: